Rosul bersabda: Siapa yang ingin hidup seperti hidupku dan wafat seperti wafatku serta masuk ke surga yang telah dijanjikan kepadaku oleh Tuhanku yaitu Jannatul Khuld, maka hendaklah ia berwilayah kepada Ali dan keturunan sesudahnya, karena sesungguhnya mereka tidak akan mengeluarkan kamu dari pintu petunjuk dan tidak akan memasukkan kamu ke pintu kesesatan. (Shahih Bukhari, jilid 5, hal. 65, cet. Darul Fikr)

Wanita bukan dari tulang rusuk pria!?!

Umum | | January 25, 2010 at 10:38

Tiga penganut agama samawi; yahudi, kristen, dan muslim bisa jadi telah terperdaya berkepercayaan bahwa wanita tercipta dari tulang rusuk pria. Dalam tubuh Islam sendiri kedua belah mazhab baik Sunna atau Syiah banyak meriwayatkan hadis yang mendukung hal itu juga. namun untungnya masih dapat ditemukan riwayat hadis yang dengan tegas membantah, seperti:

Al-‘Iyasyi meriwayatkan dari Amr Ibn Abi Miqdam dari ayahnya, dia berkata, “Aku pernah bertanya kepada Abu Ja‘far (Imam Muhammad al-Baqir), ‘Dari apakah Allah menciptakan Hawa?’
Abu Ja‘far kembali bertanya, ‘Dari apakah orang-orang mengatakan tentangnya (Hawa)?’
Aku: ‘Mereka mengatakan bahwasanya Allah menciptakan Hawa dari salah satu tulang rusuk Adam.’
Abu Ja‘far: ‘Mereka telah berdusta, seakan-akan Allah tidak mampu menciptakan (Hawa) kecuali dari tulang rusuk Adam.’
Aku: ‘Semoga diriku menjadi tebusanmu wahai Putra Rasulullah, dari apakah sebenarnya Allah menciptakan Hawa?’
Abu Ja‘far as: ‘Ayah-ayahku telah menceritakan kepadaku bahwasanya Rasulullah saw bersabda, ‘Sesungguhnya Allah Tabaraka wa Ta‘ala “menggenggam” segenggam tanah lalu “mengaduknya” dengan “tangan kanan”-Nya, lalu Dia menciptakan Adam dari tanah itu. kemudian ada yang tersisa dari tanah itu, maka Dia menciptakan Hawa dari sisa tanah itu.’”
{Tafsir al-‘Iyasyi, jil 1, Surah an-Nisa’/ Qashas al-Anbiyaa al jAzairi bab 1.dll. kisah singkat penciptaan Hawa yg bukan dr tulang rusuk dan pertemuan pertamanya dgn Adam as dapat anda baca di buku Dialog dengan Allah bab Kehadiran Hawa.}

Kata2 menggengam dan mengaduk yg sengaja saya kasih tanda di atas terpaksa dipakai karena keterbatasan bahasa dunia untuk menggambarkan apa yg terjadi di alam sana. Jadi, memegang dan mengaduk tiada lain hanya untuk mendekati pemahaman agar dapat dicerna oleh org2 awam seperti kita. Begitupun juga ‘tangan kanan’ Allah adalah symbol akan suatu keberadaan yg memang bisa dikatakan berfungsi seperti tangan kanan Allah namun jangan diartikan tangan itu seperti tangan kita. Ayat yg berbunyi {Yadullaah fawqa aydiihim} sama sekali tidak mengartikan bahwa Allah berbentuk sehingga Dia dapat terbatasi dgn ruang dan waktu… Haasya wa kalla.. Maha Suci Allah dari segala keterbatasan pemahaman dan imajinasi kita.

Alakullihal, riwayat hadis tersebut termasuk kategori riwayat mata rantai emas (dari Al Baqir dari ayah2nya = Ali Zainul Abidin > Alhusain > Ali bin Abi Thalib > Rasulullah saw) dan menjadi sandaran di kalangan ulama syi’ah. Diantaranya adalah seorang Arif masa ini seperti syaikh Jawadi Amuli yang menyinggung hal itu dalam kitabnya Jamaal al mar’ah wa Jalaaluha.

Yg mengherankan saya, dari mana datangnya ide tulang rusuk itu…bahkan banyak lagi riwayat2 lain seperti asal usul kata mar’ah dlm bahasa arab.. atau ‘hadis’ yg mengajarkan bagaimana memperlakukan wanita berdasarkan sifat tulang rusuk (jangan terlalu dikerasin nanti patah dll). jika hal itu totally fiktif atau dipioneerkan oleh riwayat2 israiliyyat, tapi kok bisa sampai penganut tiga agama terbesar atau hampir seluruh umat manusia baik di timur dan di barat terkelabuhi..?
jawabannya bisa kami simpulkan dari hasil takwil sebagian ulama, walau hanya masih sebuah kemungkinan yaitu; pada awalnya riwayat itu memang ada tapi dengan maksud bahwa tanah yg tersisa itu ada karena tidak jadi digunakan buat tulang rusuk bagian kiri Adam dan akhirnya digunakan untuk penciptaan Hawa, bukan berarti Hawa diciptakan setelah selesai terciptanya Adam as.
Capeknya.., jika hal itu kita terima maka akan menimbulkan banyak pertanyaan dan isykal lain…. Seperti; masa Allah berubah pikiran.. mau mencipta tulang rusuk malah mencipta wanita.??.. Selain itu juga, kata2 ‘sisa’ dalam riwayat2 itu bisa membingungkan..seakan dari awalnya hanya untuk menciptakan Adam as.. apakah wanita tercipta secara accidental..kan gak mungkin? Dsb.

Alternatif solusi menjadi: inti yang dimaksudkan hadis tersebut (sesuai paham saya) adalah bahwa pria dan wanita diciptakan dari tanah yang sama hanya saja kata sisa itu mucul karena jasad pria tercipta lebih dahulu. Nahh sekarang isykal/bantahan mulai berkurang..tapi pembahasan bisa jauh melebar dan pertanyaan2 semakin mengejar…seperti:…
Ahh ..auah gelap! Pokoknya wanita tidak tercipta dari tulang rusuk pria.. dan emang gak masuk akal.. yg ada semua harim bakal keras dan bengkok kaya tulang…mana enak.

hmmm this Questions remains; ada apa di balik tulang rusuk pria…dr mana dia … mengapa memang kurang dari sebelahnya? …

Penulis: Sayyid Syahir Alaydrus (Mousha)

m4s0n501
Tags: ,
Perhatian
Komentar adalah tanggung jawab penulis komentar, sehingga dimohon agar isi komentar yang objektif dan berakal. Komentar atau link website yang penuh diiringi dengan KEBENCIAN dan EMOSI belaka hukumnya haram pada website ini. Mohon maaf atas ketidak nyamanan ini.

Terimakasih.

14 Comments

  1. 1
    zaza United Arab Emirates Mozilla Firefox Linux says:

    Ini kan tulisannya Mousha, kenapa gak mencantumkan nama penulisnya, mestinya kan pakai kode etik memasukkan tulisan orang.

  2. 2

    Kami sudah meminta Izin kepada Sayyid Syahir Alaydrus (Mousha) untuk catatan dia kami publikasikan. Dan dia jg termasuk admin di nurmadinah.com

    Terimakasih sebelumnya atas saran dan kritikannya.

    Best Regard,
    Admin nurmadinah.com

  3. 3
    Hmmmm Indonesia Google Chrome Windows says:

    saya pria tapi ngak percaya bahwa hawa diciptakan dari tulang rusuk adam. Kalau iya berarti kisah tsb mengindikasikan 2 hal :

    1. Tanpa pria, tidak akan ada wanita.
    2. Seluruh tubuh wanita adalah sebagian kecil dari tubuh pria.

    Kalau saya berpendapat….ini agak sexisme.

    Nih, salah satu hasil kopas :

    dari penelitian para scientist bahwa kontentsitas kepadatan sel sel jaringan pembentuk tubuh perempuan itu 1/3 laki-laki, oleh karena itu perempuan lebih lembut dari laki-laki mulai dari susunan tubuh, daging dan sebagainya jika dibanding dengan laki2, karenanya juga perempuan 2/3 lebih lemah secara fisik dari laki2, karena itu sewajarnya jika perasaan dan hati wanita lebih lembut dan selalu bersikap lembut dibanding laki-laki. Perbedaan tersebut jika disatukan akan menjadi satu kesatuan yang saling melengkapi hingga menjadi “satu” tidak 1/3 atau 2/3 lagi. Allahu alam..

    Kalau soal jodoh, jika dikatakan itu tulang rusuk kita yang hilang saya kira cuma pribahasa aja. karena di sebutkan dalam surat An-Nissa :
    “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya .. “
    Kemudian menurut jumhur mufassirin, bahwa “Daripadanya” ditafsirkan sebagai “bagian tubuh (tulang rusuk) Adam a.s. ” berdasarkan hadis riwayat Bukhari dan Muslim”.

    ——

    Dari sisi biologi, jumlah tulang rusuk pria dan wanita sama. Dan apabila semua bagian tubuh wanita memang terbuat dari tulang rusuk pria, maka wanita jauh lebih ringan dan lemah.

    Dari hasil penelitian di atas, saya berkesimpulan : “Tubuh wanita yang berupa lemak dan daging tidak termasuk tulang & yg lainnya terbuat dari tanah yang bobotnya kurang-lebih sama dengan tulang rusuk pria.”

    makanya wanita umumnya lebih ringan beratnya dan pertumbuhannya lebih tidak pesat dari pria.

  4. 4
    brr Indonesia Opera Windows says:

    kalau kita bicara hadits, mohon juga untuk mencantumkan perawi hadits tersebut. supaya pembaca bisa memeriksa ulang apa derajat haditsnya.

  5. 5
    santyanis Indonesia Mozilla Firefox Windows says:

    sience baru mengetahui kalau tulang rusuk pria kurang 1 dari wanita di tahun 1543, ketika otopsi pertama kali dilakukan.(http://wong168.wordpress.com/2010/08/16/tahukah-anda-tubuh-manusia/)

  6. 6

    kalau menurut peradaban kuno maju wanita adalah “modifan” dari pria artinya wujud dasarnya adalah pria tetapi oleh god di buat sedemikian rupa shg mjd wanita.
    jika mau wanita yang asli ya bidadari broo makanya masuk surga luu, harap dikonfirmasi

    dan jangan ada lagi saling menindas btwn pria & wanita, karena ternyata chasisnya sama wkwkwkwkwkwkwk.

  7. 7
    Abi Interisti Indonesia Mozilla Firefox Windows says:

    tolong tag aku di facebook bila antum punya link download buku ahlibait Nabi Saww… trimaksih sblumnya.

  8. 8
    paul Indonesia Google Chrome Windows says:

    TULANG RUSUK
    Dalam tubuh manusia, ada 24 tulang yang panjang, ramping, dan melengkung yang melingkari rongga dada. Tulang-tulang rusuk ini tertata dalam 12 pasang dan membentuk sebuah sangkar yang melindungi jantung dan paru-paru. Darah dibuat di dalam sumsum tulang-tulang rusuk.
    Sewaktu menciptakan wanita, Allah tidak membuatnya terpisah dan berbeda dari pria dengan membentuknya dari debu tanah, sebagaimana yang Ia lakukan sewaktu menciptakan Adam. Ia mengambil salah satu tulang rusuk Adam, dan dari tulang itu Ia membangun bagi Adam seorang mitra yang sempurna, wanita Hawa. (Kej 2:21, 22) Meskipun demikian, Adam tetap seorang pria yang sempurna, yang kini dipersatukan dengan istrinya sebagai ’tulang dari tulang dan daging dari daging’. (Kej 2:23; Ul 32:4) Hal ini juga tidak mengganggu reproduksi sel-sel Adam sehingga mempengaruhi struktur tulang rusuk anak-anaknya, laki-laki atau perempuan. Baik pria maupun wanita mempunyai 24 tulang rusuk.
    Menarik untuk diperhatikan bahwa sebuah tulang rusuk yang disingkirkan akan tumbuh lagi dan mengganti diri, selama periosteum (selaput jaringan ikat pembalut tulang) dibiarkan tetap ada. Catatan tersebut tidak menyatakan apakah Allah Yehuwa mengikuti prosedur ini atau tidak; akan tetapi, sebagai Pencipta manusia, Allah tentu tahu sifat yang luar biasa ini dari tulang rusuk.

  9. 9
    mohan Indonesia Google Chrome Windows says:

    masuk akal, coba kita jabarkan
    Adam -> diciptakan dari tanah -> meninggal (wafat), kembali kewujjud asalnya tanah (baca:dikubur).
    jika; hawa -> diciptakan dari tulang rusuk adam -> menniggal (wafat), kembali ke?? masa dipinggang adam!!!
    jadi memang benar hawa diciptakan dari tanah juga.

  10. 10
    Rizael Soemarta United States Opera Mini Unknow Os says:

    semua manusia di ciptakan dari tanah, kenapa ada istilah perempuan di ciptakan dari tulang rusuk wanita, MUNGKIN namanya tulang rusuk sama pasti ada suatu yg sama, yaitu ikatan batin, kalo laki-laki dan perempuan itu brjodoh pasti punya firasat dan ikatan batin yg sama, kemudian dari cara mtmperlakukannya, ibarat tulang rusuk, kalu keras dia patah, kalo lembek tidak akan lurus, jadi kita (kaum adam) dalam memperlakukan wanita sebaiknya jangan trlalu keras dan jangan trlalu lembek, yaitu dengan pelan-pelan,sabar, dan pantang menyerah, haahaa
    just my opini

  11. 11
    cara56b Indonesia Mozilla Firefox Windows says:

    banyak hal menarik dan berguna saya daptkan dari situs ini sekali lagi syukran!

  12. 12
    aty Indonesia Google Chrome Windows says:

    Apa saja yang ada di alam semesta adalah ciptaan Tuhan, manusia (laki-laki dan perempuan) hanyalah sebagian kecil dari ciptaannya, jadi terserah pada kehendak Allah lah dalam mencipta, mau dicipta dari bahan yang sudah terciptakah atau dari tidak ada bahan sama sekali, Allah cuma hanya menyatakan, jadilah, maka jadilah apa yang ingin diciptakan. Kita manusia hanya bisa menerima apa yang menjadi kehendak Allah, yang penting adalah Allah dalam menempatkan perempuan dan laki-laki sebagai manusia sama dan sederajat kecuali dalam kedudukan berumah tangga, keduanya diberi peran dan fungsi berbeda, kepada laki-laki diberi peran dan tanggungjawab lebih berat dari perempuan yaitu sebagai pemberi nafkah keluarga (peran wajib)sekaligus sebagai pemimpin.

  13. 13
    Suyogi Imam Fauzi Indonesia Google Chrome Windows says:

    ada hadits shahih yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim di masing masing kitab Shahih mereka, dari Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam. Dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa nabi shalallahu ‘alayhi wasallam bersabda,

    “Berbuat baiklah kepada wanita, karena sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas.Maka sikapilah para wanita dengan baik.” (HR al-Bukhari Kitab an-Nikah no 5186) ”

    Ini adalah perintah untuk para suami, para ayah, saudara saudara laki laki dan lainnya untuk menghendaki kebaikan untuk kaum wanita, berbuat baik terhadap mereka , tidak mendzalimi mereka dan senantiasa memberikan ha-hak mereka serta mengarahkan mereka kepada kebaikan. Ini yang diwajibkan atas semua orang berdasarkan sabda Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam, “Berbuat baiklah kepada wanita.”

    Sumber : Majmu Fatawa wa Maqadat Mutanawwi’ah juz 5 hall 300-301, Syaikh Ibn Baaz Fatwa fatwa Terkini Jilid 1 Bab Perlakuan Terhadap Istri penerbit Darul Haq

    ini ada hadist sahih , mau dari tanah kek mau dari tulang rusuk kek jawabannya cuma 1 ” allahu alam bissowab “

  14. 14

    KADZAB , DUSTAA !!!

    Beraninya anda berdusta kepada NABI sholallahu ‘alaihi wasalam , PARA ULAMA !!!

Leave a Reply

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.